Badan Pengawas Obat Dan Makanan

CDC menekankan, dengan sebagian besar vaksin Covid-19, Anda memerlukan dua suntikan agar dapat berfungsi. Dapatkan suntikan kedua bahkan jika Anda mengalami efek samping setelah suntikan pertama, kecuali jika penyedia vaksinasi atau dokter Anda memberi tahu Anda untuk tidak mendapatkan suntikan kedua. Untuk mengantisipasi terjadinya kejadian ikutan pascaimunisasi yang serius, penerima vaksin akan diminta untuk tetap tinggal di tempat layanan vaksinasi selama 30 menit sesudah divaksin. Vaksin ini sudah melewati uji klinis fase ketiga yang dilakukan di Brazil, Turki, dan Indonesia.

Seperti yang diketahui, vaksin Sinovac dikembangkan dengan metode inactivated atau virus yang dimatikan. Ia berharap, dengan upaya keras pemerintah untuk mengatasi pandemi Covid-19 melalui vaksinasi, perekonomian akan segera pulih. Rencananya, akhir Februari mendatang juga akan dilakukan vaksin untuk tokoh masyarakat, tokoh agama, guru, TNI, Polri dan BUMD, dan pekerja media. Pejabat kesehatan di Austria mengatakan, sementara ini tidak menemukan hubungan kedua kasus ini dengan vaksinasi. Ia memastikan pihaknya akan selalu melakukan investigasi dan mengkomunikasikan dengan pihak terkait, tentang berbagai isu-isu yang muncul dalam pengembangan vaksin. Bila tidak ada aral melintang, kata Wiku, vaksin Merah Putih, siap diedarkan pada 2022.

Pasien TBC dapat menjalani vaksinasi jika sudah mengonsumsi obat antituberkulosis selama minimal 2 minggu. Virus Corona itu telah diobati dengan panas, bahan kimia, atau radiasi sehingga tidak dapat menginfeksi sel dan menggandakannya. Vaksin Sinovac yang didatangkan pemerintah pada awal Desember 2020 berbasis inactivated virus atau virus yang telah dimatikan, sehingga aman untuk digunakan. “Mohon masyarakat tidak ragu melaporkan keluhan dari vaksinasi. Karena setiap laporan yang masuk akan sangat bermanfaat bagi pelaksanaan vaksinasi kedepannya di Indonesia maupun secara global,” tuturnya.

Efek samping dari vaksin Sinoviac

Kedua efek samping itu adalah mengantuk dan meningkatnya nafsu makan setelah menerima vaksin buatan China tersebut. Sementara bagi lansia atau komorbid, pemberian vaksin harus diberikan dengan jarak interval yang ditingkatkan, yakni empat minggu atau 28 hari. Di Indonesia contohnya, pemberian vaksin Sinovac untuk dosis pertama dengan dosis kedua diberikan dengan jarak 2 minggu. Jika Anda mengalami nyeri atau ketidaknyamanan, bicarakan dengan dokter Anda tentang penggunaan obat yang dijual bebas, seperti ibuprofen atau acetaminophen.

Lebih lanjut Yohana menjelaskan, bahwa apabila terjadinya demam pada saat proses antibody, disarankan untuk minum obat paracetamol. Apabila tidak ada perubahan maka masyarakat diminta untuk ke-puskesmas terdekat. “Jika demam cukup minum parasetamol, jika efek menerus disarankan kedokter, dan jika ada keluhan hubungi kontak yang tertera dikartu vaksinasi,” jelasnya. Hindra juga menjelaskan jika vaksinasi bekerja optimal 28 hari dengan paling cepat adalah dua minggu setelah vaksinasi kedua diberikan. Namun ini tak menutup kemungkinan setelah dosis kedua tak terpapar virus. Selain itu, sehabis menerima vaksin setiap orang juga diminta menunggu sekitar menit untuk melihat reaksinya.

Lalu, dua jam setelah disuntik Jokowi menyebutkan dirinya merasa sedikit pegal. Sementara itu di tempat terpisah, Menteri Kesehatan Budi Guna Sadikit mengaku efek samping vaksin yang dirasakannya adalah rasa kantuk. Selain itu, tidak semua orang mengalami efek samping sehingga tidak ada alasan untuk mengonsumsi obat yang meskipun obat bebas jika tidak diperlukan. Karena jika Anda melakukannya, justru berpotensi membuka diri pada potensi efek samping dari obat itu sendiri.

Pemerintah saat ini melalui Badan Pemeriksa Obat dan Makanan masih menginvestigasi terkait adanya dugaan efek samping deadly dari vaksin AstraZeneca batch CTMAV547. Investigasi yang dilakukan ialah pengujian toksisitas dan sterilisasi dari vaksin tersebut. Terakhir, Hindra mengatakan, satu kasus meninggal dunia setelah divaksinasi AstraZeneca dialami oleh salah seorang warga Ambon usia 45 tahun.