Akibat Efek Samping Vaksin Covid

Efek samping dari vaksinasi tersebut disebut kejadian ikutan pascaimunisasi . Sebaliknya, anak-anak tidak disarankan mendapat vaksinasi, karena risiko mereka meninggal akibat Covid-19 nyaris nol, dan mereka masih punya masa depan panjang. Sedangkan dosis pertama vaksin COVID memulai proses produksi antibodi dan membangun perlindungan. Dosis kedua bekerja untuk memperkuat perlindungan yang dihasilkan setelah dosis pertama. Mengingat sebagian besar vaksin COVID memerlukan dua dosis untuk terbukti efektif, menurut para ahli, itu karena berbagai alasan. Tapi di Mbao, Senegal, situs vaksinasi tampak kosong selama beberapa hari.

Norwegia telah meluncurkan penyelidikan atas kematian dua manula penghuni panti jompo setelah mereka menerima vaksin Pfizer untuk melawan COVID-19. Raffi Ahmad mengaku tidak merasakan apapun setelah menerima vaksin COVID-19 Sinovac, Rabu (13/1) pagi. “Yang disampaikan gejala-gejala yang sudah dilaporkan oleh jurnal-jurnal dari penelitian tempat lain dan di Bandung. Jadi semua bersifat ringan dan semua sehat dan tidak ada yang memerlukan perhatian khusus hingga saat ini,” jelasnya. Para ahli merekomendasikan untuk menunda mendapatkan mammogram atau pemeriksaan pembengkakan kelenjar getah bening selama 4-6 minggu setelah vaksin Covid-19. Apabila terasa mual setelah menerima vaksin, cobalah untuk tetap terhidrasi dengan baik dan cari solusi yang sebelumnya berhasil mengatasi mual.

Beberapa efek samping di atas merupakan efek samping ringan yang umumnya bisa sembuh dengan sendirinya. Munculnya efek samping tersebut sebenarnya menandakan bahwa tubuh penerima vaksin sedang membentuk kekebalan atau imunitas terhadap penyakit COVID-19. Lalu, eight persen orang yang pernah terinfeksi virus corona Covid-19 juga mengalami demam sebagai efek sampingnya. Sementara itu, hanya 2 persen dari mereka yang tidak pernah terinfeksi virus corona mengalami demam.

Juru Bicara Vaksinasi COVID-19 Tingkat Pusat & Duta Adaptasi Kebiasaan Baru dr. Reisa Broto Asmoro mengatakan, penghentian ini sembari menunggu hasil investigasi Komnas KIPI. Basahi waslap dengan air dingin dan letakkan di lengan tempat Anda mendapatkan suntikan. Suhu dingin juga dapat membantu mengurangi pembengkakan, kata Dr. Posina. Untuk sementara, vaksin yang digunakan adalah buatan Sinovac, AstraZeneca dan yang terbaru adalah Sinopharm yang telah mendapatkan izin darurat dari BPOM. Pada umumnya dalam dua hari menghilang pada efek di tempat suntikan, dan untuk demam dan pada umumnya pada hari kedua ketiga hilang.

Efek dari vaksin covid

Seperti pengalaman pada vaksin lain sebelumnya, studi jangka panjang lah yang akan memberikan kejelasan. Inilah yang disebut fase 4, dengan monitoring vaksinasi world setelah izin dikeluarkan. Walaupun intensitas gejala dapat bervariasi dari orang ke orang, beberapa efek samping yang paling umum dialami adalah seperti demam, menggigil, mual, dan nyeri tubuh. Dokter spesialis pulmonologi dan kedokteran respirasi RSUP Persahabatan, Dr. dr. Erlina Burhan, menuturkan semua obat termasuk vaksin COVID-19 dari AstraZeneca bisa menyebabkan efek samping meskipun tidak semua orang mengalaminya. Di Denmark, pasien berhak atas kompensasi yang disponsori negara jika mereka menderita efek samping yang jarang atau parah dari obat apa pun. “Tidak ada knowledge yang menunjukkan bahwa mengonsumsi acetaminophen setelah vaksin akan mengganggu respons kekebalan,” kata Dr. Posina.

Epidemiolog Griffith University, Dicky Budiman menyatakan vaksin adalah produk kesehatan yang sensitif. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE. Jika pembengkakan terasa nyeri, cobalah minum obat pereda nyeri yang dijual bebas.